Home » » Cara pasang Kabel Listrik di Steker

Cara pasang Kabel Listrik di Steker

Steker Brocco
 Artikel Saya kali ini adalah kelanjutan dari posting sebelumnya yang membahas tentang cara memasang kabel Listrik di stopkontak, banyak dari kita yang menyebut Steker dan stopkontak adalah colokan padahal mereka berdua berbeda sekali meski memiliki hubungan yang erat dan saling membutuhkan.

Steker adalah salah satu komponen atau alat listrik yang berfungsi menyalurkan listrik dari peralatan elektronik ke stop kontak , misalnya kulkas, komputer, charger Handphoe, dan lain-lain. Pada setiap alat elektronik biasanya sudah terpasang kabel beserta stekernya yang tersambung ke peralatan elektronik tersebut.

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai pemasangan kabel pada steker yang kita rakit sendiri, seperti untuk kabel rol atau anda yang akan mengganti steker yang rusak pada peralatan elektronik. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti tahapan-tahapannya di bawah ini:

steker pipih
Cara pasang kabel listrik untuk steker pipih:
Steker jenis ini hanya memiliki dua buah terminal untuk dipasangi kabel, sehingga pemasangannyapun sangat mudah. Kita tinggal membuka baud sehingga steker terbagi menjadi dua bagian, lalu pasangkan kabel pada masing-masing baud yang menempel pada kedua jari steker. Steker pipih biasa digunakan pada peralatan elektronik yang memiliki konsumsi listrik kecil yang tidak memerlukan ground.


Cara pasang kabel listrik untuk steker besar/yang memiliki tiga terminal kabel:
kabel ground di steker broccoSteker ini biasanya memiliki tiga buah terminal yang terdiri dari dua buah terminal untuk jalur positif (fasa) dan negatif (netral), sedangkan satu terminal lagi untuk kabel grounding. untuk pemasangan kabel ini mesti benar agar tidak tertukar, oleh sebab itu Saya sarankan Anda membaca artikel saya yang berjudul "arti warna kabel lsitrik".

Cara pasang:
kabel di steker brocco tanpa groundPasang kabel Hitam (positif /Fasa) dan negatip (netral) pada masing-masing baud jari steker, sedangkan kabel kuning strip hijau (ground/arde) dipasang pada baud yang terpasang dengan sasis steker. Steker jenis ini umumnya dipakai untuk elat elektronik yang terpasang secara terus menerus dan memiliki daya/watt besar seperti mesin air, kulkas, mesin cuci, dan lain-lain. Steker jenis ini dapat pula hanya dipasang dua kabel bila hanya digunakan untuk peralatan listrik yang wattnya kecil.

Catatan.
Pemasangan kabel ground pada steker tidak akan bermanfaat bila kabel pada stopkontak tidak dipasang kabel ground.

Artikel terkait: