Cara Memperbaiki konsleting Listrik di Rumah

MCB
Mungkin diantara pembaca ada yang pernah mengalami kejadian konslet / matinya listrik di rumah. Listrik di rumah mati dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah:
  • Terjadinya pemadaman listrik dari PLN
  • Pemakaian daya listrik yang melebihi batas maksimal,  yakni dibawah kemampuan MCB.
  • Hubungan pendek/konslet antara listrik negatip dan positip.
Cara memperbaiki listrik padam:

1. Bila tiba-tiba listrik di rumah mati, hal yang paling awal diperiksa adalah sekering. bila sekering putus gantilah dengan yang baru, jangan coba-coba menggantinya dengan kawat tembaga, karena kawat buatan dapat beresiko tidak putus bila terjadi konslet sehingga dapat mengakibatkan kebakaran.

2. Bila Sikring dalam keadaaan baik cobalah lihat MCB, bila posisinya turun/off cobalah hidupkan kembali. Bila MCB tidak mau di-on-kan (kembali ke posisi off) tunggulah beberapa saat agar plat yang ada di dalam MCB menjadi dingin, setelah itu coba hidupkan kembali MCB. Bila MCB tidak mau dinyalakan kembali alias kembali ke posisi Off, kemungkinan terjadi hubungan pendek/korslet. untuk memperbaikinya ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Lepaskan/matikan semua beban listrik di rumah Anda, seperti kulkas, TV, Komputer, dan lampu.
  2. Nyalakan MCB ke posisi on. bila MCB dapat di-on-kan dan listrik menyala lagi, pasang kembali satu persatu semua beban listrik di rumah Anda, seperti kulkas, TV, Komputer, dan lampu. Sebaiknya hal ini dilakukan berdua, satu orang melihat reaksi MCB dan yang lain memasang kembali beban listrik. 
  3. Jika memang ada salah satu alat listrik yang rusak/konslet maka akan terlihat ketika salah satu beban listrik dipasang kembali, maka MCB kembali ke posisi Off. Setelah Diketahui alat listrik yang rusak segeralah perbaiki jalur kabel yang terpaut pada alat listrik tersebut sampai tidak terjadi konslet lagi.
4. Selain konslet, bisa saja matinya listrik di rumah disebebkan oleh hal lain misalnya MCB yang telah rusak, MCB rusak dapat diketahui dengan ciri-ciri sebagai berikut:
  • Listrik tidak menyala meskipun MCB telah dinyalakan.
  • MCB selalu kembali ke posisi OFF tanpa sebab.