Alat Listrik Yang Digunakan di Rumah

Pada posting kali ini Admin akan membahas tentang peralatan listrik yang umum digunakan di rumah, Pembahasannya senganja Saya buat sederhana agar para pembaca yang baru belajar listrik mampu memahaminya.

Artikel ini Saya buat karena banyaknya pemahaman dan penamaan yang kurang pas pada sebagian peralatan listrik yang terpasang di rumah. Untuk lebih jelasnya silahkan dibaca ulasannya di bawah ini:

KWH meter

Meter prabayar
 Pada umumnya orang menyebut alat ini dengan nama meteran. Fungsi dari alat ini adalah menghitung jumlah besaran listrik yang kita pakai seghari-hari. Terdapat dua jenis KWH meter ini yakni analog dan digital, KWH meter  analog adalah jenis yang paling lama dipakai oleh masyarakat, pembayaran listriknya dilaksanakan setelah dipakai sebulan.

Sedangkan KWH meter digital adalah jenis yang paling baru, sebelumnya kita harus membeli sejumlah pulsa listrik agar alat ini bekerja, setelah pulsa listrik habis maka listrik akan mati, jadi harus selalau diisi pulsa listrik, alat ini disebut juga listrik prabayar.

MCB (miniature circuit breaker)

MCB
Adalah alat yang berfungsi memutus dan menyambungkan listrik bila terjadi konsleting listrik/hubungan pendek. selain itu MCB juga berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang dipakai di rumah, bila daya/watt listrik yang dipakai di rumah melebihi kemampuan MCB maka saklar MCB akan turun berpindah dari posisi on ke posisi off, misalnya di rumah menggunakan MCB 900 watt maka bila pemakaian listrik melebihi 900 watt maka MCB akan mati. Pada kenyatannya MCB ini bekerja sevara otomatis.





Saklar / switch

Saklar
Berfungsi untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik, biasanya dipasang untuk mengontrol lampu. Saklar ini bekerja secara manual yakni dengan tekanan jari kita.






Stop kontak

Stop kontak
Alat untuk penyalur listrik dari sumber/jalur utama instalasi listrik ke peralatan elektronik di rumah, listrik akan disalurkan dari stop kontak melalui sebuah steker berkabel ke peralatan elektronik misalnya TV atau Komputer.






Steker

steker
Adalah alat penyalur listrik dari alat elektronik, alat ini selalu berpasangan dengan stopkontak.








Fitting

Fitting
Ada sebagian orang menyebut alat ini dengan "mangkuk lampu" / "kap lampu". Fitting adalah dudukan berulir tempat terpasangnya lampu.









klem

KlemAlat penjepit kabel untuk merapikan jalur kabel.

Demikianlah penjelassan tentang peralatan listrik yang umum terlihat dan terpasang di dalam rumah, untuk peralatan listrik lainnya mudah-mudahan dapat dibahas pada kesempatan lain.