Home » » Cara Mengganti dan memasang Lampu Downligh Lama dengan yang Baru

Cara Mengganti dan memasang Lampu Downligh Lama dengan yang Baru

Lampu Downligh
Hampir pada setiap rumah baru yang moderen menggunakan penerangan dengan lampu berjenis downligh, letak lampu downligh terpasang menjorok ke dalam plafon langit-langit rumah, hal ini dimaksudkan utnuk membuat kesan yang lebih dramatis bagi ruangan jika diaplikasikan dengan desain interior yang memiliki vocal point (Baca Area yang ingin ditonjolkan).

Untuk menghadirkan suasana yang baik pada ruangan, ada beberapa hal yang perlu di[perhatikan dalam pemasangan lampu Downligh ini, yakni:

Jarak antar lampu kurang lebih 80 - 200 cm dalam sebuah ruangan, tergantung intensitas cahaya dan effect yang diperlukan.
Untuk memperoleh pencahayaan optimal, Gunakan lampu Downligh yang memiliki reflektor. Gunakan lampu dengan ukuran (size) yang sesuai dengan reflektor/armature lampu yang digunakan.
Sesuaikan Downligh dengan Ukuran space dalam plafon/ceilingnya.

Pemasangan

Alat dan bahan:
Langkah pemasangan
  1. Matikan aliran listrik di rumah dengan meng -OFF-kan MCB
  2. Lepaskan lampu yang terpasang
  3. Lepaskan reflektor lampu.
  4. Lepaskan box lampu downlight dari plafond. Berhati-hatilah dalam melepaskan box lampu, karena setiap box memiliki pengait yang berbeda-beda.
  5. Gunakan tang untuk memotong kabel yang terhubung.
  6. Hubungkan fitting dengan kabel lama. 
  7. Pasangkan fitting lampu yang baru kedalam lubang plafon. lalu kaitkan kembali ke plafond untuk mencegah fiting lampu jatuh.
  8. Pasang reflektor lampu.
  9. Pasang lampu PLC kedalam box.
Bila anda ingin mengganti instalasi listrik lampu silahkan baca: "cara pasang instalasi listrik lampu downlight"

Artikel terkait: