Home » » Cara Memasang Saklar Listrik

Cara Memasang Saklar Listrik

saklar tunggal untuk satu lampu
Sebelum saya lanjutkan ke cara pemasangan saklar, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu saklar, saklar adalah alat pemutus dan penyambung arus listrik, dalam bahasa asingnya adalah switch. Dalam perkembangannya, saklar ini dapat dibuat menjadi seri untuk keperluan tertentu.



saklar seri/saklar double untuk dua lampu
Pada umumnya saklar dipasang untuk menyalakan dan mematikan lampu, tetapi ada pula dipasang untuk peralatan elektronik, pada posting kali ini saya hanya membahas artikel saklar listrik yang biasa dipasang di rumah-rumah.





Saklar Tunggal:
rangkaian kabel saklar tunggal untuk satu lampu
Pada gambar saklar tunggal di samping, terlihat kabel positip/hitam dari jalur utama instalasi listrik/MCB (line in) disambungkan ke salah satu terminal saklar, kemudian terminal saklar yang lain disambungkan (kabel merah) ke salah satu terminal fitting lampu.

Untuk kabel negatip yakni yang berwarna biru langsung disambung ke terminal fitting lampu yang lain.


Saklar Seri/Saklar Double:
rangkaian kabel untuk saklar seri untuk dua lampu
sebelum kabel disambung ke saklar maka sebaiknya kita jumper/satukan salah satu dari masing-masing sterminal sakklar untuk dijadikan induk, kemudian induk tersebut dapat disambungkan dengan kabel positif/hitam dari jalur utama(line in).

kabel negatif/biru disambungkan ke kedua terminal salah satu fitting lampu.

Sedangkan dua buah terminal saklar yang di atas, masing-masing dihubungkan ke salah satu terminal dari masing-masing fitting lampu.

Demikianlah penjelasan tentang cara memasang saklar listrik di rumah semoga bermanfaat untuk anda.

Artikel terkait: